A
 
Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang Gelar Workshop Integrasi OBE untuk Penguatan Visi–Misi dan Kurikulum
Admin(VPN)
05/12/2025 13:16 WIB
Padang — Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang melaksanakan Workshop Integrasi Outcome-Based Education (OBE) dalam Strategi Pembelajaran dan Evaluasi CPL–CPMK sebagai langkah strategis untuk memperkuat visi–misi program studi dan meningkatkan mutu kurikulum. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh seluruh dosen serta stakeholder terkait.
Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Keperawatan Bapak Tasman, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom dan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Padang Ibu Renidayantu, S.Kp, M.Kep, Sp.Jiwa , dilanjutkan dengan pemaparan materi yang berfokus pada peninjauan kembali visi–misi, penguatan filosofi OBE, serta penyusunan capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Hari Pertama: Penguatan Visi dan Misi Prodi
Hari pertama diawali dengan sesi penting mengenai arah kebijakan institusi yang dimoderatori oleh Ibu Efitra, S.Kp, M.Kep. Pada Sesi I, Renidayati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Jiwa memaparkan Arah Strategis Poltekkes Kemenkes Padang, termasuk transformasi pelayanan kesehatan dan penguatan kompetensi lulusan.
Pada Sesi II, dr. Aklima, MPH menjelaskan Profil Kesehatan Sumatera Barat, dengan penekanan pada meningkatnya kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) serta kebutuhan tenaga kesehatan yang kompeten di bidang pelayanan jantung.
Selanjutnya, Sesi III menghadirkan drg. Busril, MPH yang membahas Kebutuhan Kompetensi Perawat di Rumah Sakit Rujukan, terutama kompetensi klinis dalam layanan jantung dan keselamatan pasien.
Selanjutnya hari pertama ditutup dengan pemaparan Prof. Parengki, Ph.D yang dimodertari oleh Dr. Ns. Aini Yusra, M.Kep, Sp.MB mengenai Strategi Penyusunan Visi dan Misi Program Studi, yang memberikan kerangka berfikir komprehensif bagi prodi untuk memperbarui arah pengembangan akademik.

Hari Kedua: Pemantapan Paradigma OBE dan Penyusunan CPL–CPMK
Memasuki hari kedua, peserta mendapatkan materi inti terkait filosofi OBE.
Ns. Merry Lingga, M.Kep memaparkan Paradigma dan Filosofi OBE, menegaskan pentingnya pembelajaran yang berorientasi pada capaian dan menempatkan mahasiswa sebagai pusat proses pendidikan.
Materi dilanjutkan oleh Ns. Yulvi Hardoni, M.Kep melalui sesi Perumusan CPL–CPMK–SubCPMK, mencakup domain capaian pembelajaran, penyusunan kata kerja operasional, serta teknik perumusan CPMK yang spesifik dan terukur.

Hari Ketiga: Metode Pembelajaran Aktif, Asesmen, dan Implementasi OBE
Hari ketiga difokuskan pada implementasi OBE dalam pembelajaran.
Sesi pertama menghadirkan Ns. Novi Herawati, M.Kep., Sp.Jiwa yang memaparkan Constructive Alignment, meliputi pemetaan antara CPMK, metode pembelajaran, dan asesmen. Dan dilanjutkan menyampaikan materi mengenai Metode Pembelajaran Aktif Berorientasi Capaian, seperti Problem-Based Learning, Case-Based Learning, Team-Based Learning, Project-Based Learning, dan Flipped Classroom.
Pada pemaparan terakhir, kembali memberikan materi mengenai Evaluasi dan Penilaian Capaian Pembelajaran dalam OBE, termasuk penyusunan rubrik asesmen dan penerapan asesmen formatif–sumatif.
Kegiatan ditutup dengan sesi kerja kelompok yang difasilitasi oleh Ns. Indri Ramadini, M.Kep, dilanjutkan dengan presentasi hasil penyusunan RPS, diskusi, serta rekomendasi implementasi kurikulum.
Komitmen Penguatan Mutu Pendidikan Keperawatan
Workshop ini menghasilkan sejumlah luaran strategis, di antaranya penyelarasan dokumen CPL–CPMK–SubCPMK, penyempurnaan RPS berbasis OBE, serta rencana tindak lanjut implementasi kurikulum berbasis capaian.
Melalui kegiatan ini, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang menegaskan komitmennya untuk menghadirkan pendidikan keperawatan yang unggul, adaptif terhadap kebutuhan layanan kesehatan, dan menghasilkan lulusan yang kompeten serta siap bersaing di tingkat nasional maupun global.
menghubungi server
Q
test